Maredan Rt.01 Rw, 39, Sendang Tirto, Berbah, Sleman

0821-3850-3603 windyasts@yahoo.com

Bagian – Bagian Pada Badan Biola

Biola merupakan alat musik gesek. Biola akan menghasilkan suara jika kita menggesekkan stik pada senar. Senar akan berbunyi merdu di setiap cord nada. Seberapa mengenalkah Anda tentang biola? Berikut adalah beberapa bagian atau komponen biola dan pengertiannya. Semoga bermanfaat 🙂

Bagian-bagian pada badan biola:

  1. Scroll.  Bagian biola yang berada di ujung kepala biola. Scroll tidak terlalu berpengaruh dalam playability anda ketika menggesek biola. Fungsinya yaitu sebagai tampet bersandarnya tangan anda ketika menyetem biola agar lebih nyaman.
  2. Pegs. Berfungsi untuk tuning biola. Pada umumnya berjumlah 4 dan terbuat dari kayu.
  3. Nut. Berfungsi menjaga jarak setiap senar. Biasanya terbuat dari bahan plastik keras.
  4. String. Senar biola yang terdiri dari 4 buah senar yaitu : Senar G, Senar D, Senar A, dan Senar E.
  5. Fingerboard. Papan jari yang berfungsi sebagai tempat jari menahan senar ketika digesek. Fingerboard pada biola tidak mempunyai fret layaknya pada gitar dan istrument bersenar lainnya.
  6. Neck. Bagian leher biola yang berfungsi untuk menahan fingerboard dan tempat meletakkan telapak tangan anda ketika bermain biola.
  7. Bridge. Bagian terpenting biola karena berpengaruh penting dalam produksi suara yang bagus. Berfungsi untuk menahan tekanan senar.
  8. Tailpiece. Menahan pangkal senar agar stabil dan pas dengan posisi bridge.
  9. Fine Tuner. Berfungsi sama seperti peg untuk menyetem tuning senar, tetapi diletakkan di badan tailpiece.
  10. Body. Badan biola.
  11. F hole. Dua lubang pada badan biola yang berbentuk huruf F yang berfungsi untuk tempat keluarnya suara dari resonansi bunyi di badan biola.
  12. Chinrest. Membantu pemain biola untuk menahan biola dengan dagu dan rahang.
  13. Soundpost. Sebatang tiang kecil yang berada di dalam badan biola yaitu dibelakang posisi bridge sebelah kanan. Dapat dilihat dari F hole. Soundpost ini berfungsi untuk menghantarkan getaran dari bridge ke ruang resonansti biola.
  14. Alat penggesek biola sering juga di sebut Bow.
  15. Rosin.  Berfungsi untuk membuat hairbow menjadi lebih kesat dan “menggigit” terhadap gesekan senar dengan cara menggesekkannya ke hairbow.
  16. Shoulderest. Alat bantu untuk mempernyaman pemain menahan biola di bagian bahu badan.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami 🙂 Semoga bermanfaat.

JOGJA DRUMBAND – Drumband | Marching Band Jogja | Alat Music | Seragam | Kostum Kami menawarkan produk menggunakan spare part impor, seperti head, lug, ring dengan harga bersaing, Anda bisa membandingkannya dengan harga di toko, maupun produsen yang lain di seluruh Indonesia. Untuk pemesanan bisa KLIK DISINI. Hubungi Kami di Telp : 0821-3850-3603 Fax : 0274-4435353 | email : windyasts@yahoo.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat