Maredan Rt.01 Rw, 39, Sendang Tirto, Berbah, Sleman

0821-3850-3603 windyasts@yahoo.com

Cara Memilih Stik Drum

Pasangan dari sebuah drum adalah stik drum, stik drum terdapat beberapa jenis dan ukuran yang berbeda. Bahan pembuatan dari stik drum tersebut juga berbeda-beda, yaitu kayu dan fiber atau plastik. Diantara kedua ini mana yang lebih disarankan untuk dipakai?

Pada posting kali ini Saya akan mengulas sedikit tentang Tips memilih stik dum yang benar agar stik drum yang dipakai lebih berumur panjang dan tidak mudah patah meskipun tetap saja suatu saat akan patah juga. Cara yang akan Saya jelaskan di sini adalah pengalaman Saya bertahun-tahun yang sering saya jumpai di studio yang Saya miliki. untuk lebih jelasnya silahkan dibaca uraiannya di bawah ini, perlu diketahui bahwa stik yang Saya jelaskan di bawah ini adalah stik drum yang terbuat dari bahan kayu.

Tips memilih stik drum:

  • Pada saat kita membeli stik drum yang berbahan kayu usahakan yang tidak dilapisi oleh cat ataupun dempul, jadi pilihlah stik drum yang serat kayunya terlihat secara langsung, gunanya adalah agar kita jadi tahu bentuk serat kayu tersebut, penjelasannya ada pada poin di bawah ini:
  • Pilihlah stik yang serat kayunya lurus dengan batang stik, serat yang lurus dipercaya lebih tahan patah dari yang berserat miring, pada beberapa kasus, patahan stik adalah terletak pada stik yang berserat miring jadi patahannyapun membentuk sudut yang miring sehingga hasilnya patahan stik membentuk runcing.
  • Perhatikan panjang dan diameter stik, sesuaikan dengan selera atau kenyamanan, jadi cobalah dahulu beberapa bentuk stik sampai mendapatkan yang benar-benar nyaman saat dipakai, hal ini penting karena keindahan suara drum dipengaruhi juga dengan bentuk stik yang sesuai dengan kenyamanan drumernya.
  • Hindari memilih stik drum yang terdapat mata kayu, mata kayu ini berbentuk serat yang menyerupai lingkaran-lingkaran kecil dan seratpun akan membentuk alur yang tidak lurus/bengkok-bengkok, dari beberapa pengalaman, stik yang memiliki mata kayu mudah patah.
  • Ada beberapa stik dengan warna kayu yang belang-belang, hal ini menunjukkan bahwa stik ini terbuat dari batang kayu yang terletak di tengah-tengah jadi lingkaran tahunnya terlihat, stik dengan warna belang seperti ini mudah sekali patah.
  • Bila anda adalah seorang drummer pemula dan hanya memiliki beberapa batang pasang stik drum saja maka untuk memperpanjang umur stik drum yang “biasa” maka lapisilah dengan isolasi plastik setengah bagian dari setik yaitu dari tengah sampai ujungnya, mungkin dengan cara ini suara yang dihasilkan kurang nyaring tapi sebagai cara agar serat stik tidak terlepas adalah sesuatu yang wajar dilakukan kecuali bila anda memiliki banyak persediaan batang stik drum.
  • Untuk menghindari lembab dan berjamur simpanlah stik di tempat yang kering dan jauh dari udara lembab.

Demikianlah penjelasan Saya mengenai cara memilih stik drum berbahan kayu semoga dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya, jadi setelah anda membaca pengalaman Saya di atas mudah-mudahan tidak bingung lagi dalam memilih stik yang akan dibeli.

JOGJA DRUMBAND – Drumband | Marching Band Jogja | Alat Music | Seragam | Kostum Kami menawarkan produk menggunakan spare part impor, seperti head, lug, ring dengan harga bersaing, Anda bisa membandingkannya dengan harga di toko, maupun produsen yang lain di seluruh Indonesia. Untuk pemesanan bisa KLIK DISINI. Hubungi Kami di Telp : 0821-3850-3603 Fax : 0274-4435353 | email : windyasts@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *