Maredan Rt.01 Rw, 39, Sendang Tirto, Berbah, Sleman

0821-3850-3603 windyasts@yahoo.com

Cara Merawat Drum yang Baik

Punyakah kalian kegemaran atau hobi bermusik? Jika punya, alat musik favoritmu apa? Gitar, biola, drum, atau alat music tradisional seperti angklung, kulintang ? nah semua barang, tidak hanya alat music pasti membutuhkan perawatan. Kali ini akan kami bahas salah satu alat music yaitu drum. Drum merupakan alat music yang dipukul. Bagaimana cara merawat alat music drum? Mari kita bahas

Perawatan drum tidaklah merepotkan dan sulit. Untuk masalah pengeluaran dalam bentuk uang pun juga relatif kecil, kecuali memang harus ada pergantian komponen atau bagian pada drum misalnya seperti cymbal yang pecah, otomatis perlu cymbal pengganti untuk menggantikan cymbal yang pecah tersebut. Perlu disampaikan sebelumnya, dalam artikel ini akan memaparkan cara merawat drum yang baik untuk menjaga drum agar dapat berfungsi dalam jangka panjang, dan tetap saja yang namanya barang pasti ada titik uzur yang memerlukan pergantian bagian-bagian karena rusak termakan umur.

Cara Merawat Drum Yang Baik

1. Membersihkan Drum

Cara merawat drum yang baik yang pertama adalah dengan cara membersihkan setiap bagian-bagian drum. Usahakan setiap sehabis memakai drum langsung dibersihkan dengan lap hingga bersih. Dari mulai cymbal sampai semua bagian drum. Jika tidak sedang latihan pun tetap dibersihkan dengan dilap dengan kain, karena uap air, dan suhu-suhu yang berubah-ubah dapat menyebabkan karat pada besi di bagian-bagian drum. Dengan berkarat akan menurunkan perfoma drum.

2. Gunakan Minyak Pembersih

Cara merawat drum yang baik yang kedua adalah kadangkala gunakan minyak atau pelumas pembersih di bagian-bagain penting drum. Misalnya bagian cymbal drum bisa menggunakan minyak khusus pembersih cymbal atau biasa disebut cymbal cleaner. Kemudian bersihkan pula bagian yang ada besinya dengan minyak antikarat juga. Minyak-minyak ini banyak tersedia di toko-toko alat musik.

3. Gunakan Minyak Pelumas Pedal Drum

Cara merawat drum yang baik yang ketiga adalah dengan gunakanlah minyak pelumas khusus untuk pedal drum. Bagian pedal drum untuk jangka waktu yang lama, kadang akan menimbulkan sedikit karat sehingga jika pedal digunakan akan berbunyi-bunyi. Ini tidak bagus untuk di gunakan saat anda perfom di atas panggung. Gunakanlah pelumas pedal drum untuk menghindari karat.

4. Mengencangkan Membran Pada Drum

Cara merawat drum yang baik yang keempat adalah dengan selalu mengecek seluruh membran di drum apakah kendor atau tidak. Pastikan membran-membran pada drum dalam kondisi pas kencangnya, jangan sampai kendor karena jika membran dalam keadaan kendor lalu tetap dimainkan, bisa membuat kerusakan pada membran-membran drum. Gunakan kunci drum untuk mengencangkannya.

Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. 🙂

JOGJA DRUMBAND – Drumband | Marching Band Jogja | Alat Music | Seragam | Kostum Kami menawarkan produk menggunakan spare part impor, seperti head, lug, ring dengan harga bersaing, Anda bisa membandingkannya dengan harga di toko, maupun produsen yang lain di seluruh Indonesia. Untuk pemesanan bisa KLIK DISINI. Hubungi Kami di Telp : 0821-3850-3603 Fax : 0274-4435353 | email : windyasts@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *