Maredan Rt.01 Rw, 39, Sendang Tirto, Berbah, Sleman

0821-3850-3603 windyasts@yahoo.com

Fungsi Dari Bagian Marching Band

Pernahkah masa kecil Anda terlibat dengan permainan drumband? Mungkin waktu TK atau SD mungkin? Jika pernah, pasti sangat menyenangkan bukan? Kita belajar bagaimana menabuh drum, meniup terompet, dan lain sebagainya. Tapi apakah kalian sudah mengerti fungsi dari masih-masih bagian drumband? Yuk kita bahas bersama.

Snare

Snare berfungsi sebagai penentu dalam menentukan ketukan dalam bentuk ritmis.

Bass

Bass berfungsi seperti senar yaitu sebagai penentu ketukan tetapi hanya mengambil irama sebagian besarnya saja.

Terompet

terompet dalam penampilan musik marching band digunakan sebagai soprano, umumnya memainkan melodi dalam musik. Meski demikian umumnya dalam aransemen musik marching band fungsionalitas soprano dibagi menjadi dua atau tiga kelompok untuk memainkan nada yang berbeda (biasanya mengisi rentang suara sopran, dan mezzo-sopran). Di Indonesia umumnya grup-grup marching band menggunakan terompet bernada dasar B♭, namun terdapat pula grup-grup marching band yang menggunakan terompet bernada dasar G.

Baritone Horn/Euphonium

Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan instrumen yang digunakan dalam pertunjukan orkestra, bentuk bariton horn atau euphonium yang digunakan dalam penampilan marching band telah didisain secara khusus dengan corong menghadap ke muka dan umumnya telah dilengkapi dengan sistem tiga katup. Sesuai dengan namanya instrumen ini digunakan untuk mengisi suara dalam rentang nada baritone. Umumnya instrumen yang digunakan dalam penampilan marching band menggunakan nada dasar B♭.

Stick mayoret

Sebagai patokan atau acuan dalam permainan marching band,dan di pegang oleh mayoret di gunakan sebagai alat memimpin dalam permainan marching band,entah itu menentukan arah kemana yang di tuju,lagu yang di pilih,dan mengatur segala kondisi yang terjadi ketika dalam permainan marching band berlangsung,tanpa adanya mayoret permainan marching band akan rumit bahkan tidak akan bisa berlangsung.

Kuarto tom-tom

Kuarto tom-tom pada dasarnya seperti trio tom-tom yang fungsinya memberikan irama dan nada ritmis dalam permainan marching band dan dalam permainannya biasanya kuarto tom-tom atau trio tom-tom selalu mngisi celah kosong atau nada-nada yang kosong agar dalam permainan marching band tidak terasa ada yang kosong,dan biasanya selalu mendahului atau membuka permainan marching band dengan irama ketukannya.

Bellyra/marching bells

Alat musik melodi drum band yang terdiri dari bilah-bilah logam persegi (lyra) yang setiap logam memiliki nada tersendiri, dan dimainkan dengan cara dipukul dengan stik yang ujungnya terbuat dari mika. Fungsi utama bellyra adalah memainkan nada-nada melodi, yakni nada-nada lagu yang dimainkan oleh unit drum band sehingga pemirsa dapat menentukan/menebak lagu apa yang sedang dimainkan, dan berada di belakang bass drum di setiap paradenya. Lagu-lagu yamh dimainkan adalah lagu-lagu melodi, yang meliputi lagu-lagu yang biasa kita dengar melalui media-media elektronik. Bellyra merupakan simbol keharmonisan melodi dari sebuah unit drum band.

Symbal

symbal berfungsi sebagai variasi dalam permainan marching band yang menimbulkan suara desis.

Bendera

Instrumen bendera tidak digunakan untuk bermain musik, melainkan dimanfaatkan oleh pemainnya sebagai alat bantu aksi tari untuk menghasilkan efek-efek visual tertentu yang mendukung penampilan. Pada prakteknya, pemain instrumen ini tidak selalu menggunakan bendera sebagai aksesori.

Nah, susah paham bukan? Bagi yang belum pernah memainkan alat drumband, tertarik lah untuk mencobanya?

Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat