Maredan Rt.01 Rw, 39, Sendang Tirto, Berbah, Sleman

0821-3850-3603 windyasts@yahoo.com

Instrumen Dalam Marching Band

Instrumen yang dipakai dalam marching band dapat dikelompokkan berdasarkan jenis serta cara memainkannya. Namun pengelompokkan terhadap jenis-jenis alat marching band tidak akan berpengaruh sedikitpun kepada struktur organisasi kepelatihan. Sebab setiap divisi atau kategori alat marching band mempunyai pelatih sendiri-sendiri. Tidak hanya dari segi kepelatihan saja , aspek sosial dari setiap masing pemain-pemain juga menimbulkan kelas-kelas sosial drum band non formal yang merupakan sebuah kebanggan tersendiri.

Instrumen alat musik tiup

Penggunaan alat musik tiup dalam marching band sebetulnya hampir menyerupai dengan yang dipakai drum band. Akan tetapi beberapa kategori musik tiup seperti flute, clarinet, trombone, saksofon (solfrano, alto, tenor), cornet, dan flugerlhorn sudah tidak digunakan kembali. Biasanya instrumen yang digunakan dalam penampilan drum band ialah baritone, tenor horn. french horn, contra bass / tuba, mellophone, terompet, dan euphonium yang memakai nada dasar F atau B.

Instrumen alat musik perkusi

Dalam kelompoknya, jenis instrumen yang satu ini dimainkan sambil bergerak membentuk barisan sama halnya dengan instrumen alat musik tiup. Bagian yang memainkan jenis instrumen ini kemudian berjalan-jalan disebut juga dengan drumline atau battery. Ragam instrumen yang digunakan di dalam marching biasanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan alat marching band. Contoh dari instrumen alat musik perkusi ini adalah snare drum, tenor, quint tom, bass drum, dan cymbal.

Instrumen Pit (stasis)

Merupakan instrumen alat musik perkusi yang memiliki nada. Pemain yang memainkan instrumen jenis ini pada umumnya bersifat statis, yang artinya pemain tidak terlibat di dalam barisan atau kelompok yang bergerak saat tampil. Variasi dari jenis instrumen yang dimiliki alat marching band biasanya lebih beraneka ragam dibandingkan dengan drum band. Beberapa pemain marching band yang kreatif seringkali menyusun sendiri alat instrumen pit guna menghasilkan suara yang lebih baik serta unik pada saat dimainkan. Jenis instrumen ini adalah vibraphone, gong Cina, tubular bell, xylophone, marimba, simbal, timpani, dan drumĀ  bass konser..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat