Macam Alat Musik Petik #1

jogjadrumband

MACAM ALAT MUSIK PETIK #1

Macam Alat Musik PetikAlat musik petik merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memetik alat musik tersebut. Alat musik petik ini terdiri dari beberapa macam. Salah satu yang paling familiar adalah gitar. Siapa yang disini bisa memainkan alat musik gitar? Pastinya banyak dond :). Nah pada kesempatan kali ini mari kita bahas apa saja macam dari alat musik petik ini.

 

Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

Berikut ini adalah kumpulan berbagai alat musik petik tradisional dan modern yang bisa anda pelajari. Silahkan disimak.

Alat Musik Gitar

alat musik gitar

Gitar termasuk alat musik petik yang mana dapat menghasilkan bunyi ketika dipetik. Sejarah kemunculan gitar sendiri yaitu dari negara Spanyol. Di segala tempat di dunia ini tentunya sudah tidak ada yang asing dengan alat musik yang satu ini. Gitar mempunyai senar yang pada umumnya dinamakan dawai.

Bahan pembuatan Alat musik yaitu dengan menggunakan kayu. Gitar mempunyai bentuk leher dan badan sebagaimana gambar di atas. Tidak hanya dipetik saja, kita juga dapat memakai cara bermain gitar dengan menggenjrengkan memakai jari kita. Di dunia ini dua tipe gitar yang terkenal yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Pada gitar terdapat kord yang jumlahnya 144 yang dapat dipakai berdasarkan dengan keperluan supaya menghasilkan nada serta bunyi yang cocok.

Alat Musik Ukulele

alat musik ukulele

Ukulele ialah alat musik petik khas dari negara Hawai  Ukulele apabila diterjemahkan kedalam bahasa Hawai memiliki makna “ kutu loncat”. Menurut sejarah kedatangan alat musik ini di Indonesia sudah ada semenjak tahun 1880. Jika diamati sekilas ukulele hampir sama dengan gitar. Namun perbedaannya yaitu pada ukurannya. Ukulele berukuran lebih kecil daripada gitar. yaitu berkisar 20 inchi.

Biasanya penggunaan alat musik ukulele ini dipakai sebagai instrument utama untuk musik keroncong. Lewat bunyi yang unik yang membuat banyak pemain musik di Indonesia tertarik untuk memainkannya.

Terdapat 4 model pada alat musik ukulele :

  • soprano (standart) berukuran 33 cm.
  • concert berukuran 38 cm.
  • Tenor berukuran 43 cm
  • baritone berukuran 48 cm.

Alat Musik Kecapi

alat musik kecapi

Alat musik ini muncul pertama kali di daerah Sunda Jawa Barat. Adapun pemberian nama kecapi sendiri yaitu berasal dari tanaman yang bernama sentl. Bahan utama alat musik ini yaitu dari kayu. Ada berbagai teknik dalam memainkan kecapi diantaranya yaitu teknik sintreuk torl, teknik dijambret dan teknik petikan dijeungkalan.

Sama halnya dengan bentuknya, ada bentuk kecapi yang umumnya kita kenal yakni kecapi siter dan kecapi perahu. Untuk fungsinya lagi alat musik ini digolongkan jadi 2 jenis yakni kecapi indung serta kecapi rincik.

Fungsi Kecapi indung yaitu sebagai pemimpin musik misalnya seperti intro, bridges, dan interlude dan mengatur tempo. Rata rata kecapi indung memiliki ukuran besar dan dawainya berjumlah 18-20.

Sedangkan fungsi Kecapi rincik yaitu sebagai pengiring kecapi indung seperti mengisi ruang antara nada-nada. Ukuran kecapi rincik lebih kecil daripada kecapi indung, dan dawainya hanya berjumlah 15 dawai.

Alat Musik Shamisen

alat musik shamisen

Shamisen yaitu alat musik petik yang cara membunyikannya dengan cara memetik. Asal dari Shamisen ini yaitu dari negara Jepang. Berbeda dengan jenis alat musik yang lain, Shamisen ini cuma punya dawai berjumlah 3 saja. Shamisen di negara asalnya yaitu Jepang sudah termasuk elemen penting pada seni musik tradisional mereka.

Salah kekhasan yang dapat kita temukan pada alat musik ini yaitu pada bagian tubuh shasemen dibungkus dengan kulit punggung anjing atau kulit perut kucing betina. Selain itu beberapa Shasemen juga dilapisi dengan plastik pula. Bagian bagian utama alat musik ini ada tiga diantaranya yakni badan (Do) , leher (Sao), dan pasak (Itomoki).

Alat Musik Harpa

alat musik harpa

Apabila dibandingkan dengan semua alat musik petik di dunia ini maka Harpa merupakan alat musik petik paling tua di dunia. Menurut sejarah ide pembuatan alat musik petik ini yaitu dari busur panah yang digunakan untuk berburu kemudian dikembangkan.

Bentuk Harpa sendiri pada umumnya yaitu segitiga dan warnanya emas. Uniknya lagi harpa dapat kita mainkan dengan memakai tangan ataupun kaki.

Terdapat tiga komponen paling penting pada Harpa yaitu sound boardneck, dan string. Jumlah dawai Harpa sendiri beragam ada yang 22 buah bahkan ada yang berjumlah 47 senar. Penggunaan harpa yang paling sering yaitu ketika diadakannya pagelaran orchestra dan musik ini dimainkan secara tunggal.

Sebagai tambahan saja, Sebagian masyarakat dahulu menyebut alat musik ini dengan sebutan “alat musik dari surga” dan bagi para pemain alat musik ini dihubung-hubungkan dengan malaikat.

JOGJA DRUMBANDDrumband | Marching Band Jogja | Alat Music | Seragam | Kostum Kami menawarkan produk menggunakan spare part impor, seperti head, lug, ring dengan harga bersaing, Anda bisa membandingkannya dengan harga di toko, maupun produsen yang lain di seluruh Indonesia. Untuk pemesanan bisa KLIK DISINI. Hubungi Kami di Telp : 0821-3850-3603 Fax : 0274-4435353 | email : windyasts@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat