Maredan Rt.01 Rw, 39, Sendang Tirto, Berbah, Sleman

0821-3850-3603 windyasts@yahoo.com

Sejarah Piano

SEJARAH PIANO

Sejarah Piano – Salah satu jenis alat musik yang tidak asing lagi adalah piano. Iya benar, siapa sih yang nggak tau piano? Pasti semuanya tahu bukan? Pada kesempatan kali ini mari kita mengenal sejarah piano. Langsung saja intips ulasan kami berikut ini.

Sejarah Piano

Sejarah alat musik piano kita awali dari asal kata piano. Kata piano berasal dari bahasa Italia, yaitu Pianoforte. Dalam sejarah alat musik piano memang ada perdebatan mengenai siapa penemu alat musik piano pertama kali, yang awalnya dijuluki Gravecembalo Col Piano E Forte. Namun, banyak orang menganggap Bartolomeo Cristofori sebagai pembuat alat musik piano yang pertama. Di tahun 1720-an ia membuat alat musik piano, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengarkan di abad 20-an, karena tegangan tuts saat itu tidak sekuat piano yang sekarang. Dan saat ini alat musik piano pertama tersebut di pajang di Metropolitan Musum of Art di New York, Amerika Serikat.

Dalam sejarah alat musik piano dapat dibilang alat musik piano merupakan perkembangan dari alat musik kecapi, kesamaan dari dua alat musik ini adalah sama-sama menggunakan senar. Cara kerja kecapi adalah dengan cara dipetik. Kemudian setelah itu muncul alat musik Monochord lalu muncul juga Gambus. Selain gambus, ada juga Dulcimer, bentuknya sangat mirip dengan gambus, namun cara memainkannya berbeda. Dulcimer dimainkan dengan cara di pukul senarnya, sehingga dapat dikatakan asal muasal piano berasal dari Dulcimer.

Sejarah alat musik piano berlanjut ke pertengahan abad ke-17, saat itu alat musik piano dibuat dalam beberapa bentuk. Pada awalnya, desain piano mirip dengan Harpsichord, dengan dawai yang menjulang. Alat musik piano pun menjadi lebih rendah setelah dimodifikasi oleh John Isaac Hawkins. Kemudian, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, para pembuat piano di Jerman membuat piano persegi. Sampai tahun 1860 piano persegi pun mendominasi penggunaan piano di rumah. Dalam sejarah alat musik piano, piano pertama menggunakan rangka kayu dan hanya dapat menahan tegangan ringan dari senarnya. Di abad ke-19 gedung-gedung konser berukuran besar mulai dibangun, dan suara piano tadipun kurang memadai. Dan kemudian dibuat piano dengan rangka besi. Di tahun 1800 Joseph Smith dari Inggris membuat suatu piano dengan seluruh rangka terbuat dari logam. Piano inovasinya ini mampu menahan tegangan senar sangat kuat. Dan sekitar tahun 1820, banyak pembuat piano yang menggunakan potongan logam untuk membuat piano. Di tahun 1822, Erard bersaudara mematenkan Double Escapement Action, yang merupakan temuan tersohor dari semua temuan yang berkaitan dengan cara kerja piano.

Dalam perkembangan sejarah alat musik piano, piano memiliki 88 tuts seperti saat ini, alat musik piano memiliki 5 oktaf dan 62 tuts. Sejumlah perkembangan sejarah alat musik piano di abad ke-19 dan abad ke-20. Tegangan senar yang awalnya ditetapkan 16 ton di tahun 1862, bertambah menjadi 30 ton pada alat musik piano modern. Hasilnya adalah sebuah piano dengan kemampuan menghasilkan nada yang tidak pernah dibayangkan oleh Frederic Chopin, Ludwig van Beethoven dan bahkan Franz Liszt.

Sebuah perkembangan dalam sejarah alat musik piano yang nyata berikutnya terjadi di abad ke-20, sekitar tahun 1930-an. Disana hadir piano elektronik atau piano listrik. Dan piano ini didasarkan pada teknologi elektroaksutik atau metode digital. Nada yang terdengar dari piano listrik berasal dari sebuah amplifier dan loudspeaker.dari sisi kualitas suara piano elektrik nyaris tidak memiliki beda dengan piano biasa. Namun, perbedaaan yang terletak pada berbagai fitur yang dimiliki oleh piano elektrik yang memang tidak dimiliki oleh piano biasa. Fitur dalam piano elektrik misalnya dapat dihubungkan dengan perangkat MIDI, komputer, alat reka, memiliki pengatur volume, dan sebagainya.

Dalam sejarah musik piano, terdapat beberapa pianis-pianis yang terkenal seperti Mozart, Hadyn, Beethoven, Schubert, Schumann dan lain-lain. Selain nama-nama tadi, ada nama Torakusu Yamaha, ia mengembangkan alat musik piano di Asia. Ia mendirikan “Yamaha Organ Ream”. Dan Torakusu juga dijuluki bapak industri musik jepang. dan mungkin untuk saat ini piano Yamaha sangat mendunia dan menjadi salah satu piano yang sangat populer.

Sejarah alat musik piano berlanjut ke alat musik piano juga sangat berperan penting dalam industri perfilman, ini karena piano dapat menjadi alat musik yang mengiringi jalan cerita suatu film. Misalnya apabila suatu film menceritakan kesedihan, maka piano dapat memainkan nada kesedihan.

JOGJA DRUMBANDDrumband | Marching Band Jogja | Alat Music | Seragam | Kostum Kami menawarkan produk menggunakan spare part impor, seperti head, lug, ring dengan harga bersaing, Anda bisa membandingkannya dengan harga di toko, maupun produsen yang lain di seluruh Indonesia. Untuk pemesanan bisa KLIK DISINI. Hubungi Kami di Telp : 0821-3850-3603 Fax : 0274-4435353 | email : windyasts@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat